Ilmu Sosial Dasar

Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Berdasarkan beberapa buku dibawah ini, pengertian Ilmu Sosial Dasar adalah :



  • "Ilmu sosial dasar adalah ilmu-ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah social yang berkembanag dalam kehidupan masyarakat."
Dr. M. Munandar Soelaeman. 2000. Ilmu Sosial Dasar

  •  "Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial."
Drs. A.W. Widjaja, 1986, Ilmu Sosial Dasar

  •  "Ilmu sosial dasar merupakan ilmu yang memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial."
Dr. Ramdani Wahyu S., M.Ag., 2017, Ilmu Sosial Dasar
Jadi, ilmu sosial dasar adalah ilmu pengetahuan yang ditujukan untuk mengkaji dan menelaah gejala sosial yang timbul dan berkembang dengan menggunakan gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita.

Tujuan
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai dua tujuan, yaitu :

  1. Tujuan Umum, Membentukan dan mengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala yang berkenaan dengan masyarakat dan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran terhadap lingkungan sosial dapat dipertajam.
  2. Tujuan Khusus,
  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  • Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut  serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  • Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
  • Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.  
Ruang Lingkup
Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul dalam suatu masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut.


Imu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan besar yaitu:
  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-    kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
  3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.
Ilmu sosial dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok pembahasan. Berikut merupakan delapan pokok bahasan yang akan dipelajari di perkuliahan:
  1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubunganya dengan pengembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Masalah Individu, keluarga dan masyarakat.
  3. Masalah pemuda dan sosialisasi
  4. Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara
  5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
  6. Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan.
  7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
  8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan  kesejahteraan masyarakat.

Masalah Sosial "Dampak Penggunaan Gadget di Era Modern"


GADGET adalah alat komunikasi modern yang memiliki berbagai fungsi canggih. Alat ini juga didefinisikan sebagai alat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dengan unit kerja yang tinggi. Hal yang membedakan gadget dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kekinian. Artinya, gadget selalu muncul dengan aplikasi-aplikasi terbaru yang mengikuti perkembangan zaman. Inilah yang menjadi factor tertarik dengan gadget, di samping fungsinya sebagai alat untuk berkomunikasi.
Di zaman yang serba modern ini, teknologi gadget mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari awal kemunculannya yang hanya sebatas alat untuk telepon, kini gadget berubah menjadi seakan-akan kebutuhan primer bagi setiap manusia. Alat ini terus berkembang untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari.
Walaupun demikian, di balik sisi positif yang ada di gadget, ternyata juga terdapat dampak-dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh gadget. Berikut adalah dampak positif dan negatif penggunaan gadget.
Dampak Positif
  • Menambah ilmu pengetahuan
Gadget kini menjadi media yang memungkinkan kita untuk mengakses    berbagai informasi di mana pun dan kapan pun sehingga menambah wawasan dan pengetahuan. Bahkan, kini anak-anak sudah tak asing dengan barang ini. Mereka biasa mengakses internet untuk hiburan, maupun sebagai sarana untuk mengerjakan tugas sekolah mereka.
  •  Mempermudah komunikasi
Ini adalah fungsi utama gadget, yakni membuat seseorang seolah-olah bertemu meskipun berbeda tempat. Melalui fitur Video call dari berbagai aplikasi yang ada saat ini, kita bisa tersambung dengan keluarga, teman atau pacar seperti bertatap muka langsung.
  • Memperluas jaringan pertemanan
Munculnya berbagai situs media sosial seperti line, instagram, path, skype memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan dari berbagai belahan dunia sekalipun. Gadget membuat dunia seakan-akan berada dalam genggaman kita.

Dampak Negatif
  • Risiko terkena radiasi
Menurut beberapa penelitian, menggunakan gadget terlalu sering akan rentan terkena radiasi, terutama pada anak kecil. Pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan perkembangan sistem saraf.
  • Kecanduan
Seperti sudah dibahas di atas, saat ini gadget bagi sebagian orang merupakan      kebutuhan primer. Mereka tidak bisa dipisahkan. Hal ini membuat mereka   kecanduan, terutama bagi yang hobi bermain game. Kecanduan seperti ini menyebabkan mereka kurang berinteraksi dengan orang lain.
    • Lambat memahami pelajaran
    Kebiasaan kita yang asyik dengan gadget akan berpengaruh terhadap kemampuan otak untuk mendapat informasi. Salah satunya ketika medapatkan pelajaran di sekolah, mereka akan sulit memahami apa yang disampaikan guru. Selain itu, gadget juga membuat kita cenderung malas belajar serta membaca buku, sehingga berujung pada menurunnya prestasi.
    • Risiko penyalahgunaan
    Kali ini adalah bahaya laten gadget bagi anak-anak terhadap penggunaan gadget apabila kita tidak mengawasinya. Di balik kemudahan kita mengakses informasi melalui gadget, akan menjadi riskan bagi anak-anak. Sudah banyak kasus pelajar yang berbuat cabul akibat kecanduan pornografi melalui gadget. Ini bisa membuat orang melakukan hal menyimpang


    Daftar Pustaka

    MKDU Ilmu Sosial Dasar E-Learning Gunadarma http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/index-mkdu_isd.htm
    Drs. A.W. Widjaja, 1986, Ilmu Sosial Dasar
    Dr. M. Munandar Soelaeman. 2000. Ilmu Sosial Dasar V.
    Dr. Ramdani Wahyu S., M.Ag., 2017, Ilmu Sosial Dasar
    https://www.academia.edu/12688350/ILMU_SOSIAL_DASAR_II

















     




    Komentar

    Postingan Populer